Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

Bahasa pascal merupakan bahasa yang sangat populer di dunia, terlebih karena digunakan sebagai bahasa untuk mengajarkan pemrograman terstruktur bagi para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun negara lainnya.

Sebagai bahasa pemrograman terstruktur, bahasa ini menyediakan sejumlah struktur kontrol seta mendukung pembuatan program yang tersusun atas sejumlah blok-blok kecil. Blok-blok kecil ini dapat dipakai untuk membentuk blok yang lebih besar, dan secara keseluruhan membentuk program kerja. Keuntungan dari pemrograman terstruktur, program mudah dibuat, dipahami dan dikembangkan.

Pencipta bahasa pascal adalah Niklaus Wirth, Swiss. Nama Pascal sendiri diambil untuk mengenang dan mengabadikan seorang matematikawan Perancis bernama Blaise Pascal (1623-1662) penemu mesin penjumlah mekanis yang pertama kali.

Bahasa Pascal lahir sebagai hasil pengembangan dari bahasa ALGOL-60. Versi pertama Pascal muncul pada tahun 1970 dan laporan pertama mengenai bahasa ini baru dipublikasikan pada tahun 1971. Pada tahun 1974, buku berjudul Pascal User Manual and Report dipublikasikan. Buku ini ditulis oleh Niklaus Wirth dan Kethleen Jensen.

Kepopuleran Pascal berkembang seiring dengan berkembangnya PC. Pada platform ini terdapat sejumlah kompiler Pascal. Salah satunya adalah Turbo Pascal, yang dikeluarkan oleh Borland International. Turbo Pascal telah mengalami pembaharuan semenjak versinya yang pertama. Tercatat pada tahun 1992, Turba Pascal versi 7.0 telah diliris.

Yang menarik, Turbo Pascal bukanlah sekedar kompiler. Turbo Pascal menyediakan suatu lingkungan terpadu (dikenal dengan sebutan IDE, Integrated Developenment Environment) yang diantaranya berisi :
-    Kompiler
-    Debugger
-    Linker
-    Editor
Semenjak versi 5.5, Turbo Pascal menyediakan kemampuan pemrograman berorientasi-objek (PBO). Pemrograman berorientasi objek yang terkenal dengan sebutan OOP merupakan suatu metode pemrograman yang akhir-akhir ini sangat populer.

OOP atau PBO mengkombinasikan data dan fungsi atau prosedur yang mengakses data menjadi suatu wadah yang disebut objek. Metode pemrograman ini dirasakan dapat mengatasi kesulitan yang timbul pada pemrograman yang besar dan kompleks, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pemrogram.

Informasi lebih lanjut tentang PASCAL klik di sini
Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal Reviewed by Unknown on 10/23/2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.