Sejarah Bahasa Pemrograman C Sharp (C#)

C# adalah bahasa pemrograman komputer, sama seperti C, C++, Java, maupun bahasa pemrograman lainnya. Perbedaannya, C# menggunakan library kelas yang terdapat pada .NET Framework. Hal ini tentu berbeda dengan C, C++, dan Java yang masing-masing memiliki library kelas sendiri-sendiri. Kelebihan library kelas yang terdapat di dalam .NET Framework adalah dapat digunakan oleh bahasa-bahasa lain yang mendukung .NET, seperti Visual Basic (VB) dan Visual C++ (VC).

Karena C# menggunakan library kelas yang terdapat pada .NET Framework, maka kita perlu mempelajari dan melakukan eksplorasi terhadap kelas-kelas tersebut. Library kelas dalam .NET Framework merupakan library yang sangat besar dan kompleks.

C adalah bahasa pemrograman paling popular di sepanjang sejarah pemrograman komputer. C dibuat pada tahun 1970 oleh Dennis M. Ritchie di laboratorium Bell. Sejak kelahiran C, C banyak digunakan di lingkungan industri perangkat lunak untuk mengembangkan program-program di berbagai bidang. Sistem-sistem operasi yang beredar saat ini pun (Windows, Linux, dan keluarga Unix lainnya) masih dikembangkan menggunakan bahasa C. Selain untuk pembuatan sistem operasi, C juga banyak digunakan untuk mengembangkan bahasa pemrograman baru beserta kompilator maupun interpreternya.

C++, Java, Python, Ruby, PHP dan Perl adalah contoh-contoh nyata dari bahasa pemrograman yang ditulis dalam bahasa C.

Bahasa C masih menggunakan metode procedural. C belum mendukung metode pemrograman berorientasi objek. Maka dari itu, Bjarne Stroustrup yang juga bekerja di laboratorium Bell, mengembangkan bahasa pemrograman baru yang mula-mula dinamai dengan  C with Classes. Pada tahun 1983, nama tersebut diubah menjadi C++, yaitu bahasa C yang mendukung pemrograman berorientasi objek.

Sejak saat itu, mulai banyak bermunculan bahasa pemrograman baru yang menawarkan fitur pemrograman berorientasi objek, seperti Python (Guido Van Rossum – 1991), Ruby (Yukihiro Matsumoto – 1995) dan Java (Sun Microsystem - 1995).

Bahasa C# adalah produk Microsoft yang mulai dirilis di tahun 2000. Sintaks-sintaks kontrol yang digunakan oleh C# banyak diadopsi dari bahasa C, sedangkan untuk sintaks-sintaks yang berkaitan dengan kelas dan objek banyak diadopsi dari basa C++ dan Java. Dengan demikian, meskipun tidak ada hubungan secara langsung C, C++, C# dan Java, tapi pengetahuan tentang C, C++ dan Java akan benar-benar membantu dalam mempelajari bahasa C#.

Informasi lebih lanjut tentang C# klik di sini
Sejarah Bahasa Pemrograman C Sharp (C#) Sejarah Bahasa Pemrograman C Sharp (C#) Reviewed by Unknown on 10/23/2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.